MANTAN PELATIH BALI DEVATA BAWA TIMNAS MALADEWA JUARA SAFF CUP 2018

Date 21 September 2018 | 13:54  

Penulis : Kadek Andy Asmara  

1604 views


© Maldives National Football

Mantan pelatih Bali Devata Petar Segrt sukses membawa Timnas Maladewa juara SAFF Cup 2018.


Mantan pelatih klub LPI Bali Devata, Petar Segrt, sukses membawa Timnas Maladewa menjadi juara SAFF Cup 2018. Kejuaraan ini bisa dibilang hampir sama seperti Piala AFF di Asia Tenggara , tetapi untuk SAFF Cup pesertanya adalah tim dari negara Asia Selatan.

Maladewa meraih gelar juara Piala SAFF 2018 setelah di final mengalahkan juara bertahan India. Dalam final di Banganbandhu National Stadium, Dhaka, Sabtu (15/9) lalu, Maladewa menang dengan skor 2-1. Dua gol Maladewa dicetak oleh Ibrahim Mahudhee pada menit ke-19 dan Ali Fasir pada menit ke-66. Sedangkan satu gol balasan dari India dicetak oleh Sumeet Passi.

Sukses Maladewa ini membalikkan prediksi ketika banyak pihak menjagokan India yang akan keluar sebagai juara. Maklum India merupakan salah satu timnas papan atas di kawasan tersebut.

Ditambah lagi India merupakan negara yang lolos di Piala Asia 2019 UEA, Januari mendatang. Tapi semua fakta itu dijungkirbalikkan oleh Maladewa, negara yang luasnya hanya 298 km persegi.

"Saya mengatakan kepada semua pemain bahwa kemenangan itu tidak penting di babak pertama, tapi sangat penting untuk memenangi final," kata Petar Segrt dikutip dari Topskor.

"Kami mulai dari 60-70 persen dan kemudian kami lolos ke final mungkin karena keberuntungan. Tapi kami bisa 100 persen di pertandingan final. Kami lebih kuat dari India pada hari ini, karena punya lebih banyak peluang," Ungkap Petar Segrt.

Prestasi Maladewa di SAFF 2018 tidak lepas dari racikan Segrt yang sebelumnya sempat melatih dua tim Indonesia. Segrt tercatat sempat melatih Bali Devata pada tahun 2010 hingga 2011 dan juga PSM Makassar pada tahun 2011 hingga 2013.

Usai melatih PSM, Segrt sebelumnya sempat menahkodai klub asal Bosnia dan juga timnas Afghanistan. Hingga pada Maret 2018, Segrt ditunjuk sebagai pelatih Maladewa dan kini sukses meraih gelar juara SAFF.

Gelar ini merupakan yang kedua bagi Maladewa setelah tim berjuluk The Sea sebelumnya sempat meraih Piala SAFF pada 2008 lalu.