DEBUT PELATIH SIMON MCMENEMY, INDONESIA MENANG DI KANDANG MYANMAR

Date 26 March 2019 | 10:32  

Penulis : Ruddy  

3471 views


© Rudy/Bali Football

Pelatih Timnas Indonesia, SImon Mcmenemy saat TC di Bali belum lama ini.


Timnas Indonesia meraih kemenangan menghadapi tuan rumah Myanmar dalam laga yang digelar di Stadion Mandalarthiri, Mandalay, Myanmar, Senin (25/3) malam. Indonesia mampu menang dengan skor 2-0 atas tuan rumah.

Dua gol kemenangan skuat Garuda diciptakan Greg Nwokolo saat laga memasuki menit ke-41, serta eksekusi penalti Ilija Spasojevic pada menit ke-84. Pertandingan ini juga menjadi uji coba resmi FIFA pertama bagi Indonesia di bawah asuhan pelatih Simon McMenemy.

Indonesia baru bisa mencetak gol pada menit ke-41 lewat sepakan Greg Nwokolo lewat assist backheel Stefano Lilipaly. Penyerang naturalisasi dari klub Madura United itu terlebih dulu mengecoh bek lawan sebelum mencetak gol ke gawang Myanmar. Jelang berakhirnya babak pertama, Myanmar mendapatkan hadiah penalti setelah bek Indonesia, Manahati Lestusen, melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Akan tetapi, pemain Myanmar yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya sukses ditepis oleh kiper Andritany.

Stefano Lilipaly sukses mencetak 1 assist untuk gol Greg Nwokolo.

Ada perubahan komposisi pada pemain timnas Indonesia di babak kedua, dimana Stefano Lilipaly digantikan oleh M. S. Rachmat, selain itu Novri Setiawan bermain menggantikan R. Sanadi. R. Fajrin menggantikan H. Pranata Selain itu, Greg Nwokolo terpaksa diganti oleh I. Spasojevic dimenit-menit awal babak kedua lantaran mengalami cidera.

Meski formasi pada skuat Garuda berubah, Evan Dimas dan kawan-kawan masih bisa menguasai jalannya pertandingan. Pada menit ke-51 Novri Setiawan berhasil menembus pertahanan lini belakang Myanmar namun dapat dipatahkan oleh penjaga gawang. Pada menit ke-62 Spaso mendapat peluang, namun dengan mudah dijatuhkan di kotak pinalti, sayangnya itu tidak dihitung pelanggaran.

Di babak kedua, Myanmar lebih sering melakukan tekanan serangan. Pada menit ke-82 M. Maung lakukan tendangan keras yang mengarah ke sisi kanan gawang Andritany, beruntung kiper Persija Jakarta itu bisa mengantisipasinya dengan baik. Sementara itu, skuat Garuda melakukan serangan balik hingga akhirnya Novri Setiawan dilanggar di kotak pinalti. Spasojevic mengambil tendangan pinalti itu sukses menggandakan keunggulan Indonesia.

Sampai peluit panjang dibunyikan Indonesia tetap unggul 2-0 atas tuan rumah Myanmar sekaligus jadi kemenangan di laga debut Coach Simon McMenemy menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia.