MANTAN KAPTEN BALI UNITED AMBIL LISENSI KEPELATIHAN DI KOREA SELATAN

Date 13 November 2019 | 04:20  

Penulis : Ruddy  

10333 views


© Bali Football

Yoo Jaehoon saat berseragam Bali United tahun 2015 silam.


Penjaga gawang asal Korea Selatan, Yoo Jae Hoon, yang juga merupakan mantan kapten pertama Bali United ditahun 2015 silam akan mengambil lisensi kepelatihan C AFC pada Desember mendatang di Ulsan, Korea Selatan. Keputusan Yoo ini merupakan bagian dari cita-citanya yang ingin membuat sekolah khusus penjaga gawang di Indonesia.

"Saya akan mengambil lisensi kepelatihan C AFC di Korea Selatan bulan Desember nanti selama dua minggu, setelah itu di tanggal 31 Desember saya akan kembali pulang ke Bali dengan lisensi kepelatihan saya. Dengan itu, saya sudah bisa menjadi pelatih kiper," kata Yoo, kepada Bali Football.

"Untuk saat ini mumpung ada waktu jadi saya sempatkan untuk mengambil lisensi, Namun saya belum mau pensiun, jika ada kesempatan bermain bola lagi, tentu saya ingin main bola. Lisensi ini adalah sesuatu yang bisa saya gunakan jika suatu hari nanti saya total berhenti main sepakbola dan saya sudah punya persyaratannya." Imbunya.

Yoo Jaehoon sendiri sudah sempat beberapa kali hadir di latihan tim Bali United U18 untuk membantu latihan tim, seperti diketahui, pelatih kiper tim Bali United U18 adalaha mantan kiper Kadek Wardana yang notabene adalah teman Yoo Jaehoon.

Sementara itu, terkait perkembangan proses naturalisasinya, Yoo mengaku kalau ia kini akan mengajukan kembali proses kewarganegaraannya kepada Menteri Pemuda Olahraga Republik Indonesia yang baru setelah proses sebelumnya di menteri yang lama belum menemui titik terang, ia bertekat untuk menjadi WNI karena ingin membantu membangun sepakbola Indonesia khususnya di usia dini.

"Untuk perkembangan proses naturalisasi saya saat ini sedang berhenti. Setelah ditunjuknya menpora yang baru tentu jika ingin proses jadi WNI harus mulai dari nol lagi. Harap saya untuk jadi WNI karena alasan utamanya mau membantu membangun sepakbola Indonesia khususnya di usia dini. Jadi, meskipun nanti saya sudah pensiun jadi pemain saya akan menjadi pelatih untuk membantu sepakbola Indonesia." Katanya.

Yoo Jaehoon total telah berkarier di Indonesia sekitar sembilan tahun, ia sempat bermain dibeberapa klub Indonesia seperti Persipura, Bali United, Borneo FC, Mitra Kukar, dan Barito Putra. Ia terakhir membela Barito Putera di putaran pertama Liga 1 2019 sebelum memutuskan untuk istirahat sementara. Yoo Jaehoon merupakan salah satu pemain asing tersukses di Indonesia. Kiper yang telah berdomisili di Bali ini telah mengoleksi tiga gelar juara bergengsi yakni dua gelar juara Liga Super Indonesia dan satu gelar juara ISC A 2016 bersama Persipura, ia juga sempat meraih gelar juara Piala Gubernur Kaltim bersama Borneo FC.