BRWA NOURI : THE MISSING PUZZLE

Posted By BaliUtdNews ,  

Date 6 August 2018  

375 views


Bali United dapat dikatakan memiliki kedalaman skuad yang mumpuni di semua lini, tak terkecuali posisi gelandang. Sederet nama beken pun muncul, mulai dari Lilipaly hingga yang paling muda Agung Widnyana. Lantas banyaknya stok gelandang apakah efisien?

Bila kita berbicara efisiensi maka kita berbicara fungsi. Ya, gelandang di jaman sepak bola modern memiliki banyak peran. Untuk sederhananya kita bagi sisi gelandang menjadi 3 pos, posisi bertahan, tengah dan menyerang.

Beberapa diantaranya akan kami jabarkan. Posisi gelandang bertahan ada banyak peran. Ada Anchor Man (Ahmad Agung), Deep Playing Playmaker (Fadil), Defensive Midfielder (Taufiq, Sukadana). Posisi tengah ada Central Midfielder (Brwa Nouri), Box to Box (Lilipaly). Posisi menyerang ada Attacking Midfielder (ex : Marcos Flores, Krkotic, Kevin Brands), Wide Midfielder (VDV).

Bali United musim ini bagaikan kesulitan membuat peluang murni dari gelandang. Saat bola berada di 1/3 akhir, final pass tidak setajam musim lalu. Musim lalu masih ada Marcos yang memberikan final pass yang berujung assist atau awal dari serangan Bali United. Setelah kepergian Marcos, Bali United mencoba untuk menduplikasinya. Beberapa gelandang tipe playmaker/attacking midfielder pun didatangkan. Kevin Brands, Milos Krkotic namun hasilnya? Nihil.

WCP mencoba racikan baru. Pola passing dan pergerakan baru coba ditanamkan kepada tim. Direct ball kepada Lilipaly dan wall pass kepada Spaso, skema ini beberapa kali berbuah gol. Namun identitas permainan kolektif seperti musim lalu belum ditemukan. Untunglah manajemen mendatangkan Brwa Nouri yang memiliki intelejensi dan visi bermain yang sangat baik. Sebelum menerima bola, ia seakan sudah tau bola akan diberikan ke siapa. Kecerdasan ini merupakan hal yang langka di kancah sepak bola Indonesia. Passing pendek, pergerakan setelah ia melakukan passing, kolektivitas dan visi bermainnya saat di partai perdananya memberikan angin segar seakan pertanda bahwa permainan kolektif Bali United akan (segera) terlahir kembali.

Good luck with your new journey in paradise, Brwa Nouri !

Penulis : Profil penulis bisa diikuti pada akun instagram @baliutdnews